Minggu, 04 Mei 2014

Apa itu AGE?

AGE, atau Advanced Glycation End-products, ditemukan dalam penelitian oleh para ilmuwan sebagai senyawa berbahaya dalam tubuh yang berhubungan dengan penuaan. AGE berasal dari apa yang kita makan. AGE terbentuk didalam tubuh kita pada saat kadar gula dan protein berlebih menyatu. Tubuh kita membutuhkan gula dan protein sebagai bahan bakar fungsi tubuh yang normal, namun ketika terjadi kelebihan gula dalam darah,maka akan melekat pada molekul protein. Ini adalah hal awal tebentuknya AGE.
Tubuh kita memiliki daya tahan tubuh alami untuk menyingkirkan AGE dalam sistem tubuh sebelum mereka dapat membahayakan organ tubuh kita. Dari waktu ke waktu,jika terabaikan, dan tidak segera diketahui, AGE dapat terakumulasi lebih cepat dibanding kemampuan kerja tubuh kita. Dan pada akhirnya, AGE meningkat dan menyebabkan timbulnya masalah kesehatan organ tubuh dan otot.
Hal ini sangat menyeramkan. Akumulasi AGE ini adalah bagian dari penyebab terjadinya penuaan dan rusaknya organ tubuh. Tidak hanya itu, tingkat AGE yang tinggi erat sekali kaitannya dengan penyakit serius seperti:
Obesitas :
Sebagaimana telah disebutkan, AGE terbentuk apabila kadar gula berlebih dalam darah. Orang yang memiliki sejarah Diabetes 2, cenderung lebih cepat membentuk gula dalam darah dan memiliki jumlah AGE lebih banyak. AGE berkaitan langsung dengan banyak masalah komplikasi diabetes.
Kesehatan Ginjal :
AGE berkaitan dengan lapisan dalam pembuluh diginjal, yang dapat menyebabkan mereka berpori dan tidak dapat menyaring dengan benar. dan pada akhirnya, dapat menyebabkan gagal ginjal.
Kesehatan Jantung :
AGE menyebabkan lipoprotein menempel ke lampisan pembuluh darah. dari waktu ke waktu, pembentukan ini dapat menghambat aliran darah menuju pembuluh arteri. Perlu diketahui, lipoprotein dapat pecah dan menyumbat pembuluh darah jantung yang mengarah kepada serangan jantung.
Kesehatan Pembuluh Darah :
Akumulasi dari AGE juga dapat menyebabkan Stroke. Lipoprotein dari AGE dapat pecah dan menghambat aliran darah menuju otak, yang mengarah kepada ischemic stroke.
Kesehatan Otak :
Semakin banyak bukti yang menunjukkan AGE juga berkaitan dengan penyakit Alzheimer dan bentuk lain dari damensia. AGE bisa juga terakumulasi dalam otak, yang memicu inflamasi. Berdasarkan penelitian, telah ditemukan tingkat AGE tinggi di otak pada penderita Alzheimer.
Kesehatan Mata :
Salah satu komplikasi pada Diabetes. berkaitan dengan AGE yang terakumulasi adalah Diabetes retinopati, yang dapat merusak pembuluh darah kecil pada retina dan dapat mengarah pada kebutaan.

Kini, Anda dapat bertanya kepada diri Anda sendiri," Jika AGE sangat berbahaya, mengapa kita belum pernah mendengar tentang AGE sebelumnya?" AGE Ada pada ujung tombak munculnya ilmu pengetahuan. Mari kita anggap seperti ini: belum lama, kita mengetahui bahwa nikotin dalam rokok adalah penyebab kanker paru-paru, atau kolesterol pada makanan menyebabkan penyakit jantung. Dulu, ini adalah penemuan baru, begitu juga halnya dengan AGE kini.
Apa yang telah ditemukan oleh para ilmuwan dan dokter tentang AGE dan kerusakan organ tubuh yang disebabkan oleh AGE, pastinya tidak dapat diabaikan. Maka dari itu kita harus sadar dan tahu benar bagaimana cara mengatur tingkat AGE kita. Dengan melakukan hal tersebut bisa memberikan perbedaan yang berpengaruh terhadap kehidupan yang sehat penuh energi dan vitalitas serta dapat terhindar dari penuaan dini dan masalah penyakit.